Sabtu, 05 November 2011 | By: Kupu-kupu ungu

KIDAL...? Apa salah ?



Ibu : " Tangannya yang bagus...megang kok tangan kiri ...?"
Aku : " Tangan kiri kan gak apa-apa ,bu. "


Pertama x orang bertemu denganku dan melihat cara memegang sendok dan garpu saat makan membuat mereka bertanya, "kamu kidal ya?". dan aku hanya menjawab "YA" sambil tersenyum.
atau terkadang aku di tegur oleh temanku karena tanpa sadar mengangkat tangan kiri ketika memberi intrupsi saat rapat. (yang malah membuyarkan konsentrasiku )

Semua kejadian itu membuatku berpikir, "apa yang salah dengan kidal?".

Mungkin, bagi sebagian dari orang-orang bakal heran dan penasaran dengan orang kidal. Merasa lain dari yang lain dan seperti alien yang muncul dari dunia kebalikan.

Apa sih kidal itu ??
Kidal adalah suatu kebiasaan seseorang yang lebih sering menggunakan tangan atau kaki kiri. Seperti menulis, makan, menyisir, menendang bola, atau melakukan apapun.


Apa kidal itu cacat?
Perilaku disebut dengan kidal sebenarnya bukan suatu kecacatan melainkan pengaruh dari dominasi fungsi salah satu otak.
Kidal lebih cenderung menggunakan anggota tubuh sebelah kiri ketimbang yang kanan, Ia tidak lebih dari dominasi fungsi belahan otak yang berbeda dari kebanyakan orang.

Di dalam kepala kita, otak mempunyai dua bagian, yaitu otak bagian kiri dan otak bagian kanan. Otak bagian kiri bertugas mengatur pergerakan dominan bagian dari kanan tubuh, sedangkan otak bagian kanan bertugas mengatur pergerakan dominan bagian dari kiri tubuh.

Menjadi orang kidal, sebenarnya susah-susah gampang. Kelebihan orang kidal (menurutku) adalah kedua tangannya bisa berfungsi. Maksudnya, yang kiri untuk melakukan kegiatan sehari-hari (mis:menunjuk,mengetik,mengambil barang, dsb), dan yang kanan untuk memberi salam, makan.

Sedang Kekurangannya…?
BANYAK SEKALI.
Banyak barang-barang yang tidak di peruntukan bagi orang kidal. Kedengarannya agak diskriminasi, tapi di sinilah kesulitan orang kidal (terutama untukku).
misalnya pemakaian mouse komputer yang biasa aku pakai di sebelah kiri, terkadang malah gugup jika mesti ke warnet yang kebanyakan letak mouse ada di sebelah kanan pemakai.

Dan bahkan,pengguna tangan kiri di diskriminasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Kultur budaya dan agama yang berkembang di Indonesia memberi kesan negatif bagi para kidal yang ada. Julukan tangan setan dan tangan kotor melekat erat dengan tangan kiri. Bahkan dalam islam, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang Siapa yang makan dan minum menggunakan tangan kiri sesungguhnya ia makan dan minum dengan setan."
Tak ketinggalan kultur masyarakat yang mengatakan tangan kiri itu tidak sopan. Dan aku juga harus berucap maaf ketika tak sadar memberi sesuatu ke orang lain dengan tangan kiri.
"maaf ya kak,tangan kiri."

Untungnya, aku bisa menulis dengan tangan kanan. Makan juga pakai tangan kanan (kecuali jika menggunakan garpu dan sendok. Aku masih memegang sendok di tangan kiri dan garpu ditangan kanan), hanya saja untuk makan cemilan terkadang masih menggunakan tangan kiri _dan selalu di bentak bapak :'( _
padahal itu refleks dari penggunaan dominan tangan kiri yang udah terbiasa.

Tetapi pemaksaan yang dilakukan pada orang kidal untuk lebih menggunakan tangan kanan malah mengakibatkan kebingungan. Aku yang kadang masih bingung membedakan mana kanan dan kiri dalam keadaan mendadak atau dalam perjalanan bisa membahayakan diri, dan juga teguran keras ketika tangan kiri yang ku gunakan membuatku tiba-tiba tak fokus dan 'blank' sesaat.
Mungkin,para kidal terlihat kikuk atau gugup,tetapi itu di karenakan semua yang ada di bumi ini sepertinya di ciptakan hanya untuk pengguna tangan kanan.
Di kantor, untuk absen juga menggunakan tangan kanan, di mesin ATM untuk memasukan kartu ATM ada di sebelah kanan, mesin lift dibeberapa gedung juga terletak di sebelah kanan. Bahkan untuk belajar main gitar pun,harus menukar senarnya biar bisa di pakai pemain kidal.

Apapun itu, aku tetap bangga menjadi 'Left hander'. Karena itu bukan kelainan melainkan sebuah kelebihan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.