Sabtu, 13 Maret 2010 | By: Kupu-kupu ungu

Buaya itu Setia loh...!!!

Bermula dari "ngoprek-ngoprek" blog di internet. Aku nemui sebuah fakta, kalo ternyata buaya tu binatang yang setia.Karena penasaran,terus aku buka semua info seputar buaya. (tapi bukan buaya darat... ^^)., nemu juga..

Awalnya aku mulai dari kebudayaan betawi, (kenapa mesti betawi?).. Soalnya, aku rada bingung, image binatang satu ini terkenal playboy tapi malah jadi simbol sebuah pernikahan. dimana tiap ada pernikahan pasti wajib membawa roti yang bentuknya kayak buaya. Umumnya dibuat sepasang, buaya jantan dan buaya betina. Nah..Biasa roti buaya betina,di atas punggungnya dibuat juga buaya kecil yang dimaksudkan sebagai anak. Biasa roti-roti itu dalam ukuran beragam. Ada yang 1 meter atau mungkin bentuk yang sepantasnya. Lalu dibawa oleh rombongan pengantin pria, diarak menuju ke tempat pengantin wanita dan kemudian dilakukan adat betawi lainnya. (kurang paham tentang adat betawi lainnya...Jadi gak ditulis deh Hehehe).

Tapi ternyata, aku yang memang tak paham kebudayaan itu malah punya pandangan kejam tentang buaya. (maaf buaya...Telah membunuh karaktermu), dan stereotipe itu lebih kejam dari fitnah... (sambil menunjukan wajah menyesal... T_ T ).

Buaya itu adalah binatang monogami. Ia hanya kawin satu kali (kawin ya..Bukan nikah,karena gak ada penghulunya..) dengan satu buaya lain sampai sang pasangan menutup usia. Buaya juga bakal tinggal disarangnya dengan pasangannya sampai pasangan itu mati. Jika takdir memutuskan salah satu dari mereka mati duluan,barulah yang lain cari pasangan lain.

Ya..Kesetiaan itulah yang dibawa oleh simbol buaya pada tiap perhelatan betawi. Stereotipe yang mengatakan buaya adalah playboy dan pemain cinta malah menyebabkan kesesatan buat kita yang berpikir salah.
Jadi..Jangan pernah kasih julukan orang yang gak setia tu sama kayak buaya karena ternyata buaya itu setia...

(kecuali yang di darat dan di udara.... ^^ ) .,

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.